Mou Harap FA Pertahankan Southgate

Mou Harap FA Pertahankan Southgate

Mou Harap FA Pertahankan Southgate
Penampilan yang baik pada Piala Dunia 2018 rupanya tidak menjadi jaminan untuk para pelatih dan juga pemainnya menjadi hal yang paten. Ini juga yang membuat manajer Manchester United, Jose Mourinho, memberi saran agar FA tidak memberhentikan Gareth Southgate dari posisi sebagai manajer timnas. Sebab, Mou melihat ada masa depan cerah bersama Southgate.

Kerja keras yang dilakukan oleh Southgate di Piala Dunia 2018 memang mendapatkan sorotan yang cukup positif. Dengan skuat yang mengandalkan pemain muda dan minim pengalaman di turnamen besar, Inggris tampil di luar ekspektasi. Walaupun pada akhirnya hanya berada di ranking empat pada Piala Dunia 2018, Harry Kane dan kolega dinilai tidak tampil terlalu mengecewakan.

Selain itu juga terlihat bahwa dukungan agar Southgate tetap jadi pelatih bagi timnas Inggris pun terus mengalir. Pelatih berusia 47 tahun disebut telah sukses menghadirkan generasi baru di skuat Inggris. Salah satu pendukungnya yakni Mourinho. Dirinya menilai Southgate punya koneksi yang bagus dengan para pemain. Juga dengan para staf kepelatihan lain di timnas Inggris. Karena itu, The Special One ingin ada kelanjutan dari skuat yang diracik oleh Southgate.

“Inggris pulang dengan membawa tim yang punya masa depan. Anda bisa merasakan dan membaca detail hubungan Southgate dan Steve Holland (asisten manajer) dengan para pemain yang begitu bagus. Mereka punya dasar yang bagus untuk dilanjutkan. Biasanya, Inggris dan negara lain akan mengubah tim ketika gagal mencapai target. Tapi, saya pikir Inggris punya segala alasan untuk melanjutkan proses yang kini sedang dibangun,” jelas Mourinho singkat.

Karena itulah maka Mourinho yakin Inggris akan punya skuat yang tangguh untuk Euro 2020 atau Piala Dunia 2022 mendatang. Meskipun beberapa pemain akan pensiun, tapi eks manajer Chelsea yakin bahwa Southgate tidak akan kekurangan talenta terbaik.

“Ada tiga atau empat pemain yang tidak akan ada di generasi berikutnya. Tapi, itu bisa digantikan dengan muda oleh talenta lain di Premier League. Masa depan Inggris sangat baik,” ucap Mourinho.

Namun perlu juga diketahui bahwa dalam skuat Inggris di Piala Dunia 2018, ada beberapa pemain yang sudah berusia di atas 30 tahun. Mungkin akan sulit bagi mereka untuk kompetitif pada turnamen besar lain dan bahkan akan pensiun setelah Piala Dunia 2018. Antara lain Gary Cahill (32 tahun), Ashley Young (33 tahun), Jamie Vardy (31 tahun).

Akan tetapi ada beberapa pemain akan tetap jadi pilar utama Skuat Tiga Singa antara lain: Harry Kane (24 tahun), Marcus Rashford (20 tahun), Dele Alli (22 tahun), Raheem Sterling (23 tahun), John Stones (24 tahun) dan juga Jordan Pickford (24 tahun).

Leave a Reply

%d bloggers like this: